Petugas Kebersihan

Baju Seragam Petugas Kebersihan di DKI Jakarta, Warnanya ?

Bagi seluruh warga DKI Jakarta, tentunya sudah tidak asing lagi dengan sebutan Pasukan Orange, Ya merekalah sebuah tim khusus yang dapat bergerak cepat untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Dari tumpukan sampah di trotoar, saluran air yang tersumbat, hingga jalanan yang mulai rusak.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta giat membangun dan melakukan revitalisasi infrastruktur, untuk memberikan kemudahan bagi warga yang beraktivitas di Ibu Kota. Tentu hal ini harus dibarengi dengan upaya penjagaan dan perawatannya, agar fasilitas umum yang telah disediakan bisa terus melayani masyarakat secara optimal. Pasukan Oranye telah tersebar di seluruh wilayah di DKI Jakarta.

Kehadiran PPSU mungkin menjadi pemandangan yang menarik, berkat seragam khas mereka yang berwarna oranye.

Tugas utama PPSU :

1.Penanganan prasarana dan sarana jalan, untuk memperbaiki jalan berlubang, perbaikan trotoar, serta pengecatan kantin.

2.Penanganan prasarana dan sarana saluran, untuk memperbaiki saluran air yang tersumbat, memperbaiki saluran yang rusak total, serta melaporkan bila ada pembangunan infrastruktur yang mengganggu saluran air.

3.Penanganan prasarana dan sarana taman, untuk menangani pohon tumbang, memangkas ranting yang menutupi rambu-rambu lalu lintas, membabat rumput dan semak yang sudah mengganggu, mengambil pot-pot rusak, serta melaporkan penebangan pohon pelindung ke  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait melalui kelurahan.

PPSU merupakan satuan yang dimasukan dalam program Jakarta Smart City. Warga yang memerlukan bantuan petugas PPSU dapat mengaksesnya langsung melalui program tersebut. Pantau Proses Tindak Lanjut PPSU melalui CRM ( Cepat Respon Masyarakat ).

Dengan keberadaan PPSU, lurah dan camat dapat langsung menindaklanjuti permasalahan skala kecil yang terjadi di wilayahnya, semisal saluran air terhambat, sehingga keluhan masyarakat dapat direspons dengan cepat. Masyarakat juga dapat mengawasi dan memantau proses kerja PPSU melalui 14 kanal pengaduan yang sudah terintegrasi dalam sistem Cepat Respon Masyarakat (CRM) milik Pemprov DKI Jakarta.

PPSU mendapatkan hak layaknya pekerja pada umumnya. Hak-hak yang diberikan Pemprov DKI Jakarta kepada PPSU di antaranya adalah seragam dan alat kerja, gaji sesuai dengan UMP DKI yang dibayarkan melalui Bank DKI, asuransi kesehatan dan ketenagakerjaan, serta tunjangan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Sampai saat ini, PPSU di tiap kelurahan berjumlah rata-rata 40-70 orang, tergantung kebutuhan di kelurahan tersebut.

Pasukan Oranye

Inilah profil dari para petugas PPSU. Semoga mereka tetap semangat bekerja, merawat kota Jakarta menjadi kota yang lebih nyaman untuk kita tinggali.

Peran kita sebagai masyarakat adalah selalu menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan , agar Kota Jakarta selalu bersih dan rapi.

Selamat Bertugas Pasukan Orange,

Open chat
Bisa dibantu ?
Konveksi Baju Seragam ID ,
Apa yang bisa kami bantu ?