Bahan T-shirt

Bahan T Shirt

Bahan T-shirt ada beberapa pilihan, diantaranya :

1.Cotton Combed
Bahan cotton combed merupakan bahan yang paling banyak digunakan, dikarenakan teksturnya yang lembut dan juga ketahanannya yang awet serta harga bahan yang terjangkau.

Prosaes pembuatannya, tenunan benang disisir dan dihaluskan terlebih dahulu guna membuang benang-benang pendek yang berserakan, sehingga hasilnya adalah tenunan yang berkualitas tinggi dan rapat.

2.Blends
Bahan Kaos blends merupakan campuran dari dua bahan kaos yang lebih umum digunakan, yaitu bahan katun dan bahan polyester (PE), yang memiliki karakteristik bahan yang dingin dan nyaman saat digunakan.

Kombinasi lainnya adalah dari tiga jenis bahan yaitu bahan polyester, katun, dan rayon yang umum disebut dengan bahan Tri-blends, yang tidak mudah kusam, lembut, dan cukup lentur.

3.Lycra
Bahan lycra sering disebut juga sebagai bahan spandex yang sangat lentur dan halus permukaannya, serta nyaman untuk digunakan sehingga sangat umum dijadikan sebagai bahan untuk seragam atlet, seperti atlet sepeda, dan sering juga dikombinasikan dengan katun untuk memproduksi bra dan pakaian dalam.

4.Linen
Bahan yang satu ini disebut lebih unggul daripada bahan katun, karena memiliki ketahanan 30% lebih kuat, daya serap air dan keringat lebih tinggi, serta cocok digunakan di segala musim.

Linen juga sangat umum digunakan untuk kaos musim panas, dan materialnya yang terbuat dari serta tumbuhan menjadikan bahan kaos ini aman dikenakan oleh para penderita alergi terutama alergi bahan kimia.

5.Modal
Bahan modal terbuat dari serat kayu yang sangat lembut serta memiliki aliran pertukaran udara yang baik dan juga baik dalam menyerap keringat sehingga cocok digunakan untuk kaos musim panas.

Nama lain dari bahan ini adalah Polynosic ini juga mudah untuk dicuci baik menggunakan deterjen ataupun dry cleaning, serta dianjurkan untuk menyetrikanya dengan setrika uap supaya bahan kembali licin.

6.Polyester (PE)
Bahan yang juga sangat umum digunakan untuk bahan kaos ini terbuat dari campuran senyawa kimia ethylene glycol dan terephthalic acid sehingga bukan merupakan bahan yang terbuat dari material “alami”.

Bahan ini memiliki keunggulan tersendiri seperti tidak mudah menyusut, sangat mudah dibersihkan, dan sangatlah lembut. Meskipun begitu, para penderita alergi sebaiknya waspada untuk tidak mengenakan bahan jenis ini.

7.Rayon
Salah satu bahan yang juga merupakan buatan manusia alias tidak terbuat dari material “alami” ini memiliki sebutan “Sutera Buatan” dikarenakan karakteristiknya menyerupai bahan sutera tersebut.

Harganya lebih terjangkau dibandingkan sutera dan dibuat dari regenerasi serat selulosa pepohonan dan tanaman, serta sering digunakan sebagai seragam para atlet karena lentur dan baik dalam menyerap keringat.

8.Supima Cotton
Supima Cotton merupakan bahan katun yang memiliki kualitas lebih tinggi dibandingkan katun lainnya, serta harganya jauh lebih tinggi karena katun ini lebih langka dan lebih eksklusif produksinya.

Kapas yang menjadi bahan utama dari katun ini produksinya hanya sekitar 1% dari total produksi katun di dunia, dan material utama yang digunakan pada katun supima ini adalah kapas yang berasal dari Amerika Serikat.

Ciri khas dari katun ini adalah seratnya yang lebih panjang 1/2 meter dibandingkan serat katun pada umumnya, serta teksturnya sangat lembut dan warnanya yang lebih cerah.

9.Bamboo Cotton
Cotton Bamboo merupakan salah satu bahan yang cukup naik daun saat ini, karena terbuat dari serat bambu yang memiliki banyak keunggulan dan bahkan menyehatkan seperti anti bakteri, anti bau ketiak, anti listrik statis, dan tentunya ramah lingkungan karena terbuat dari material alami.

Bahan ini juga sangat lembut, kuat, serta elastik dan adem saat dikenakan, dan juga lebih baik dibandingkan bahan cotton combed meskipun memang harganya lebih mahal dibandingkan bahan yang umum lainnya.

10.Oxford Weave
Bahan Oxford Weave yang menggunakan rajutan keranjang, dan umumnya terbuat dari material bulu domba yang berkualitas tinggi.

Oxford Weave ini memiliki ketahanan yang baik dibandingkan katun lainnya, serta lebih lembut dan halus, serta sangat nyaman digunakan dan karena itulah harganya jauh lebih mahal dibandingkan bahan lainnya.

Bahan Lain :

Bahan Baju
Bahan Kaos Oblong
Bahan Rompi
Bahan Jaket
Bahan Wearpack
Bahan Celana